Jumat, 26 April 2013

Pertemuan ke-9 Distribusi, Franchise, Multilevel Marketing



Pada pertemuan ke-9 tanggal 21 April 2013, membahas tentang Distribusi, Franchice dan Multilevel Marketing yang dibahas oleh kelompok 7 dengan pemateri Yolla Fitriyani, Leni Indriyani, dan Riski Nuria Pardede. Kemudian dilanjutkan kembali oleh dosen pembimbing kami Pak Dr. Amril Muhammad, S.E, M.Pd dengan memberikan penjelasan juga tentang materi tersebut.

Apa itu ditribusi ?  menurut definisi dari beberapa ahli ada beberapa unsur penting yaitu Saluran Distribusi merupakan sekelompok lembaga yang ada diantara berbagai lembaga yang mengadakan kerja sama untuk mencapai suatu tujuan. Tujuan dari saluran distribusi adalah untuk mencapai pasar-pasar tertentu dengan demikian pasar merupakan tujuan akhir dari kegiatan saluran. Saluran distribusi melaksanakan 2 kegiatan penting untuk mencapai tujuan, yaitu : mengadakan penggolongan dan mendistribusikannya

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi perusahaan dalam menentukan saluran distribusi yaitu  faktor pasar, faktor barang, faktor perusahaan, faktor perantara, faktor saingan.  Adapula macam-macam ditribusi yaitu saluran distribusi untuk barang konsumsi, saluran distribusi untuk barang industri, saluran distribusi untuk jasa. 

Kemudian, Apa itu Franchice ? Franchise atau waralaba adalah suatu system penditribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir, dimana pemilik merek (franchisor) memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merek, nama, system, prosedur, dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dengan jangka waktu tertentu meliputi area tertentu.
Cirri-ciri atau karakteristik dasar franchising :

  • Pewaralaba memiliki tradename, trade/semicemerk, trade secret dan know-how 
  • Terwaralaba diijinkan untuk menggunakan hak-hak yang disebutkan sebelumnya 
  • Operasi usaha waralaba dibawah pengarahan waralaba 
  • Terwaralaba akan membayar royalty dan suatu initial fee

Jenis waralaba :

  • Waralaba luar negeri 
  • Waralaba dalam negeri : 1. Waralaba format bisnis 2. Waralabaproduk dan merek dagang
Tipe utama franchising :
  • Product and trademark franchising 
  • Business format franchising
Franchice mempunyai hak dan kewajiban, hak dari franchice ada merek, pelatih, buku manual, pendamping. Kemudian kewajiban dari franchice ada membayar franchice ree, membayar royalty fee, menjaga image royalty. 

Dan yang terakhir, Apa itu Multilevel Marketing ? Multilevel Marketing yang disingkat MLM atau pemasaran yang berjenjang banyak adalah suatu cara atau metode yang dirancang oleh perusahaan untuk menawarkan suatu produk dan menciptakan hubungan yang saling menguntungkan, dengan jalan melaksanakan penjualan secara langsung kepada konsumen melalui suatu jaringan yang dikembangkan oleh para distributor lepas.

Cirri-ciri MLM yang baik :
  • Uang pendaftaran tidak terlalu mahal 
  • Ada pelatihan yang benar 
  • Perusahaannya jelas 
  • Business plan atau jelasnya bisnis
Persyaratan dalam Multilevel Marketing :
  • Produk yang ditawarkan bersifat khas 
  • Bersifat eksklusif 
  • Kebal terhadap fluktuasi ekonomi 
  • Mempunyai diferensiasi yang mencolok 
  • Kualitas produk terjamin 
  • Harga relatif terjangkau 
  • Komitmen
Cara Kerja Multilevel Marketing :
  • Pertama-tama Anda akan disponsori oleh seorang distributor perusahaan MLM 
  • Membayar uang pangkal/pendaftaran 
  • Menandatangani perjanjian atau kontrak 
  • Melaksanakan aktivitas penjualan produk 
  • Mengembangkan jaringan
Keunggulan Multilevel Marketing :
  • Memperkecil resiko kerugian finansial. 
  • Biaya promsi relatif rendah.
  • Investasi relatif rendah. Dengan menggunakan strategi MLM tugas para distributor hanya mempertemukan antara pembeli dengan penjual.  
  •  Mekanisme kerja relatif sederhana
  • Harga produk relatif terjangkau.
Kelemahan Multilevel Marketing :
  • Faktor distributor
  • Faktor produk
  • Dukungan infrastruktur
Kenapa sebuah produk perlu ada saluran distribusi ? agar lebih banyak yang terjual, konsumen lebih mudah mendapatkan barang. Yang pertama fokus (lewat perantara, contoh motor Honda), kedua supaya Converge/produksi banyak, ketiga pelanggan banyak, dan keempat prestise. Dari keempat ini harus berjalan bersama agar barang yang terjual dapat efektif dan efisien. Franchising dan MLM termasuk dalam penditribusian barang.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar