Pada pertemuan ke-11 hari senin, 6 mei 2013. kelompok 9 mempresentasikan serta membahas hasil kelompok masing-masing individunya yang berjudul Promosi Jasa Pendidikan, pada pertemuan kali ini dosen pembimbing kami Pak Dr. Amril Muhammad, S.E, M.Pd berhalangan hadir karena ada urusan, tetapi presentasipun tetap berjalan dengan membuat kelompok-kelompok kecil yang dalam 1 kelompok ada satu pemapar.
Promosi atau yang sering disingkat dengan promo yang sudah pasti tidak asing lagi dalam kehidupan kita sehari-hari. Apa itu promosi ? Promosi adalah suatu komunikasi dari penjualan dan pembeli yang berasal dari informasi yang tepat yang bertujuan untuk merubah sikap dan tingkah laku pembeli, yang tadinya tidak mengenal menjadi mengenal sehingga menjadi pembeli dan tetap mengingat produk tersebut.
Promosi dalam penjualan itu sangatlah penting karena promosi bertujuan untuk mengenalkan apa yang dijual, apa yang membedakan , apa kelebihan dari jasa tersebut promosi adalah kegiatan penjualan jangka pendek tidak dilakukan secara berulang dan tidak rutin. yang ditunjukan untuk memasarkan produk tertentu.
Langkah dalam promosi
ada 6 yaitu :
1.
Menentukan tujuan promosi
2.
Menyeleksi alat alat untuk promosi
3.
Menyusun program
4.
Melakukan pengujian atas program promosi
5.
Mengendalikan dan melaksanakan program
6.
Mengevaluasi hasil tersebut, sehingga
terciptalah promosi yang mengenai target pemasaran
Didalam promosi terdapat 4 bauran promosi adalah :
1.
Periklanan (advertising)
Periklanan
adalah segala bentuk penyajian non personal dan promosi ide, barang, atau jasa
oleh suatu sponsor tertentu yang memerlukan pembayaran.
2.
Promosi penjualan (sales promotion)
Promosi
penjualan adalah kegiatan pe jualan yang bersifat jangka pendek dan tidak
dilakukan secara berulang serta tidak rutin, yang ditujukan untuk mendorong
lebih kuat mempercepat sponsor pasar yang di targetkan sebagai alat promosi
lainnya dengan menggunakan bentuk berbeda.
3.
Penjualan
tatap muka ( personal selling )
Personal
selling adalah presentasi lisan dalam percakapan atau lebih calon pembeli untuk
tujuan penciptaan penjualan.
4.
Publisitas
atau publik relation (PR)
Publisitas
adalah ruang editorial yang terdapat di semua media yang di baca, di lihat,
atau di dengar untuk membantu mencapai tujuan-tujuan penjualan dan tidak untuk
di bayar.
Ada empat faktor dalam
bauran promosi yaitu Mission (tujuan
periklanan), Money (anggaran periklanan), Massage (memilih pesan iklan), Media (kepitusan tentang media), Measurement
(mengevaluasi
efektifitas iklan) yang
disingkat juga dalam empat M (5M).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar