Sabtu, 11 Mei 2013

Promosi Jasa Pendidikan


Pada pertemuan ke-11 hari senin, 6 mei 2013. kelompok 9 mempresentasikan serta membahas hasil kelompok masing-masing individunya yang berjudul Promosi Jasa Pendidikan, pada pertemuan kali ini dosen pembimbing kami Pak Dr. Amril Muhammad, S.E, M.Pd berhalangan hadir karena ada urusan, tetapi presentasipun tetap berjalan dengan membuat kelompok-kelompok kecil yang dalam 1 kelompok ada satu pemapar.

Promosi atau yang sering disingkat dengan promo yang sudah pasti tidak asing lagi dalam kehidupan kita sehari-hari. Apa itu promosi ? Promosi adalah suatu komunikasi dari penjualan dan pembeli yang berasal dari informasi yang tepat yang bertujuan untuk merubah sikap dan tingkah laku pembeli, yang tadinya tidak mengenal menjadi mengenal sehingga menjadi pembeli dan tetap mengingat produk tersebut.

Promosi dalam penjualan itu sangatlah penting karena promosi bertujuan untuk mengenalkan apa yang dijual, apa yang membedakan , apa kelebihan dari jasa tersebut promosi adalah kegiatan penjualan jangka pendek tidak dilakukan secara berulang dan tidak rutin. yang ditunjukan untuk memasarkan produk tertentu.

Langkah dalam promosi ada 6 yaitu :
1.      Menentukan tujuan promosi
2.      Menyeleksi alat alat untuk promosi
3.      Menyusun program
4.      Melakukan pengujian atas program promosi
5.      Mengendalikan dan melaksanakan program
6.      Mengevaluasi hasil tersebut, sehingga terciptalah promosi yang mengenai target pemasaran

Didalam promosi terdapat 4 bauran promosi adalah :

1.      Periklanan (advertising)
Periklanan adalah segala bentuk penyajian non personal dan promosi ide, barang, atau jasa oleh suatu sponsor tertentu yang memerlukan pembayaran.
2.      Promosi penjualan (sales promotion) 
Promosi penjualan adalah kegiatan pe jualan yang bersifat jangka pendek dan tidak dilakukan secara berulang serta tidak rutin, yang ditujukan untuk mendorong lebih kuat mempercepat sponsor pasar yang di targetkan sebagai alat promosi lainnya dengan menggunakan bentuk berbeda.
3.      Penjualan tatap muka ( personal selling )
Personal selling adalah presentasi lisan dalam percakapan atau lebih calon pembeli untuk tujuan penciptaan penjualan.
4.      Publisitas atau publik relation (PR) 
Publisitas adalah ruang editorial yang terdapat di semua media yang di baca, di lihat, atau di dengar untuk membantu mencapai tujuan-tujuan penjualan dan tidak untuk di bayar.

Ada empat faktor dalam bauran promosi yaitu Mission (tujuan periklanan), Money (anggaran periklanan), Massage (memilih pesan iklan), Media (kepitusan tentang media), Measurement
(mengevaluasi efektifitas iklan) yang disingkat juga dalam empat M (5M).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar