Sabtu, 04 Mei 2013

Kebijakan Harga Jual



Pada pertemuan ke-10 tanggal 29 April 2013, membahas tentang Kebijakan Harga Jual yang dibahas oleh kelompok 8. Kemudian dilanjutkan kembali oleh dosen pembimbing kami Pak Dr. Amril Muhammad, S.E, M.Pd dengan memberikan penjelasan juga tentang materi tersebut.
Apa itu harga ? Harga menurut William J. Stanton adalah jumlah uang yang dibutuhkan untuk sebuah produk.
Tujuan penetapan harga yaitu mendapatkan laba maksimal, mendapatkan pengembalian investasi yang ditargetkan, mencegah atau mengurangi persaingan, dan mempertahankan atau memperbaiki market share.
Kemudian sasaran penetapan harga yaitu menentukan kapan suatu harga akan diterapkan, menentukan target penjualan produk, serta menentukan kelompok konsumen yang akan dijangkau.
Adapula faktor yang mempengaruhi penetapan harga ada dua dari faktor internal dan faktor eksternal. Dari faktor internal ada tujuan pemasaran, strategi bauran pemasaran/marketing mix, biaya organisasi sedangkan faktor eksternal ada sifat dan permintaan pasar dan persaingan.
Metode Penetapan Harga :

  • Harga didasarkan pada biaya total ditambah laba yang diinginkan 
  • Harga didasarkan pada keseimbangan antara perkiraan permintaan pasar dengan suplai 
  • Harga didasarkan pada konsisi-kondisi pasar yang bersaing

Kebijakan dan strategi harga :
-          Strategi
-          Kebijaksanaan
-          Potongan kuantitas, potongan dagang, potongan tunai, dan poyongan musiman
Potongan harga dan potongan berat : 

  • Potongan Berat

a.       Potongan kesusutan kering
b.      Potongan kesusutan timbangan
c.       Ekstra tarra
d.      Rafaksi
e.       Potongan atas tangkai 

  • Potongan harga

a.       Rabat
b.      Potongan tunai

Penetapan harga oleh pemerintah
Alasan pemerintah untuk  turut menetapkan harga :

  • Untuk melindungi rakyat terhadap permainan harga oleh kaum produsen atau pedagang 
  • Untuk menstabilkan tingkat harga umum 
  • Untuk mencegah penurunan harga yang lebih parah

Price dipengaruhi oleh harga pokok produksi, laba, value. Kemudian produk untuk menentukan harga seperti bahan baku, tenaga kerjanya, serta BOH (biaya over head). Selanjutnya bicara tentang place atau saluran distribusinya ada pula pesaing yang berbentuk monopoli, persaingan bebas, atau berbentuk oligopoli. Yang perlu dilihat dari pesaing seperti penetapan pasarnya, followernya, potongan dan bonusnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar