Pada
pertemuan ke-10 tanggal 29 April 2013, membahas tentang Kebijakan Harga Jual
yang dibahas oleh kelompok 8. Kemudian dilanjutkan kembali oleh dosen
pembimbing kami Pak Dr. Amril Muhammad,
S.E, M.Pd dengan memberikan penjelasan juga tentang materi tersebut.
Apa
itu harga ? Harga menurut William J. Stanton adalah jumlah uang yang dibutuhkan
untuk sebuah produk.
Tujuan
penetapan harga yaitu mendapatkan laba maksimal, mendapatkan pengembalian
investasi yang ditargetkan, mencegah atau mengurangi persaingan, dan
mempertahankan atau memperbaiki market share.
Kemudian
sasaran penetapan harga yaitu menentukan kapan suatu harga akan diterapkan,
menentukan target penjualan produk, serta menentukan kelompok konsumen yang
akan dijangkau.
Adapula
faktor yang mempengaruhi penetapan harga ada dua dari faktor internal dan
faktor eksternal. Dari faktor internal ada tujuan pemasaran, strategi bauran
pemasaran/marketing mix, biaya organisasi sedangkan faktor eksternal ada sifat
dan permintaan pasar dan persaingan.
Metode
Penetapan Harga :
- Harga didasarkan pada biaya total ditambah laba yang diinginkan
- Harga didasarkan pada keseimbangan antara perkiraan permintaan pasar dengan suplai
- Harga didasarkan pada konsisi-kondisi pasar yang bersaing
Kebijakan
dan strategi harga :
-
Strategi
-
Kebijaksanaan
-
Potongan kuantitas, potongan dagang,
potongan tunai, dan poyongan musiman
Potongan
harga dan potongan berat :
- Potongan Berat
a. Potongan
kesusutan kering
b. Potongan
kesusutan timbangan
c. Ekstra
tarra
d. Rafaksi
e. Potongan
atas tangkai
- Potongan harga
a. Rabat
b. Potongan
tunai
Penetapan
harga oleh pemerintah
Alasan
pemerintah untuk turut menetapkan harga :
- Untuk melindungi rakyat terhadap permainan harga oleh kaum produsen atau pedagang
- Untuk menstabilkan tingkat harga umum
- Untuk mencegah penurunan harga yang lebih parah
Price
dipengaruhi oleh harga pokok produksi, laba, value. Kemudian produk untuk
menentukan harga seperti bahan baku, tenaga kerjanya, serta BOH (biaya over
head). Selanjutnya bicara tentang place atau saluran distribusinya ada pula
pesaing yang berbentuk monopoli, persaingan bebas, atau berbentuk oligopoli. Yang
perlu dilihat dari pesaing seperti penetapan pasarnya, followernya, potongan
dan bonusnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar