Sabtu, 09 Maret 2013

Manajemen Pemasaran Jasa pertemuan ke-4

Pada tanggal 04 Maret 2013 pertemuan ke 4 kali ini menbahas tentang Segmentasi Pasar dan Targeting Pasar yang di presentasikan oleh kelompok 2, kemudian di jelaskan kembali oleh Pak Amril. Inilah pembahasan tentang segmentasi pasar dan targeting pasar
Apa itu segementasi pasar ?
Segmentasi pasar adalah usaha mengelompokkan pasar yang bersifat heterogen menjadi sifat yang homogen.
Tujuan segmentasi :
Ø  Memuaskan kebutuhan pelanggan
Ø  Memastikan potensi pelanggan
Ø  Loyalitas pelanggan
Bagaimana proses segmentasi pasar ?
Survey




Analisis
Pembentukan
 


-          Survei : kegiatan yang dilakukan perusahaan dalam rangka mengetahui keinginan konsumen terhadap produk pasar
-          Analisis : perusahaan melakukajn analisis kira-kira apa saja yang menjadi kebutuhan para konsumen
-          Pembentukan : langkah terakhir dalam proses segmentasi pasar, yang mana perusahaan menentukan segmentasi pasar terhadap produk-produknya.
Variabel Segmen Pasar :
  • Geografi           :  wilayah, ukuran kota, pendapatan
  • Demografi        :  usia, jenis kelamin, siklus hidup keluarga, penghasilan, pekerjaan, pendidikan,  agama, suku  
  • Psikografi         :  kelas ekonomi, gaya hidup, kepribadian 
  • Perilaku            : peristiwa, manfaat, status pemakai, tingkat pemakaian, tahap kesiapan, sikap  terhadap produk
Segmentasi yang efektif :
  • Dapat diukur               : sejauh apa ukuran dan daya beli sebuah pasar dapat diukur. 
  • Cukup besar               : sejauh apa sebuah segmen cukup besar dan menguntungkan. 
  • Dapat diakses             : berarti segmen tersebut harus mudah dijangkau untuk dilayani.  
  • Dapat dibedakan        : berarti segmen tersebut dapat dibedakan dengan jelas. 
  • Dapat dilayani             : berarti segmen tersebut dapat dilayani dengan sumber daya yang dimiliki perusahaan.

Ada beberapa Pendekatan pemasaran yaitu :   
  1. Undifferentiated marketing    : pendekatan yang tidak membeda-bedakan satu segmen dengan yang lain.  
  2. Differentiated marketing        : pendekatan yang memilih segmen yang potensial. 
  3. Concrentted marketing         : konsentrasi terhadap satu segmen yang dipilihnya.

Apa itu targeting pasar ?
Targeting pasar itu adalah penentuan pasar sasaran atau proses pemilihan atau menentukan segmen apa mau kita gunakan dari segmen-segmen yang sudah di pilah-pilah. Ada beberapa penetapan targeting pasar yaitu: 
  1. Mengevaluasi segmen pasar, ukuran dan pertumbuhan segmen, daya tarik struktural.
  2. Memilih segmen pasar, mengidentifikasi keunggulan bersaing, memilih keunggulan bersaing yang tepat, mengkomunikasikan dan menyampaikan posisi yang telah dipilih.
  3. Pertimbangan tambahan dalam mengevaluasi dan memilih segmen.
Dalam pendekatan segmentasi pasar harus lebih diutamakan melakukan riset atau penelitian SWOT tetapi orang yang melakukan riset SWOT itu cenderung tidak berani, tetapi jika melakukan riset TOWS itu cenderung berani. Mengapa begitu ? Karena kalau riset TOWS itu yang dilihat terlebih dahulu ancamannya apa yang akan dihadapi jika melakukan pendekatan itu, tetapi jika TOWS itu yang dilihat terlebih dahulu adalah kekuatannya, ancaman yang akan dihadapinya itu dilihat belakangan .





Tidak ada komentar:

Posting Komentar