Pada tanggal 04 Maret 2013 pertemuan ke 4 kali ini
menbahas tentang Segmentasi Pasar dan Targeting Pasar yang di presentasikan
oleh kelompok 2, kemudian di jelaskan kembali oleh Pak Amril. Inilah pembahasan
tentang segmentasi pasar dan targeting pasar
Apa itu segementasi pasar ?
Segmentasi pasar adalah usaha mengelompokkan pasar yang
bersifat heterogen menjadi sifat yang homogen.
Tujuan segmentasi :
Ø Memuaskan kebutuhan pelanggan
Ø Memastikan potensi pelanggan
Ø Loyalitas pelanggan
Bagaimana proses segmentasi pasar ?
Survey
|
Analisis
|
Pembentukan
|
-
Survei : kegiatan
yang dilakukan perusahaan dalam rangka mengetahui keinginan konsumen terhadap
produk pasar
-
Analisis :
perusahaan melakukajn analisis kira-kira apa saja yang menjadi kebutuhan para konsumen
-
Pembentukan :
langkah terakhir dalam proses segmentasi pasar, yang mana perusahaan menentukan
segmentasi pasar terhadap produk-produknya.
Variabel Segmen Pasar :
- Geografi : wilayah, ukuran kota, pendapatan
- Demografi : usia, jenis kelamin, siklus hidup
keluarga, penghasilan, pekerjaan, pendidikan,
agama, suku
- Psikografi : kelas ekonomi, gaya hidup, kepribadian
- Perilaku : peristiwa, manfaat, status pemakai,
tingkat pemakaian, tahap kesiapan, sikap
terhadap produk
Segmentasi yang efektif :
- Dapat diukur : sejauh apa ukuran dan daya beli sebuah pasar dapat diukur.
- Cukup besar :
sejauh apa sebuah segmen cukup besar dan menguntungkan.
- Dapat diakses : berarti
segmen tersebut harus mudah dijangkau untuk dilayani.
- Dapat dibedakan : berarti segmen tersebut dapat
dibedakan dengan jelas.
- Dapat dilayani : berarti segmen tersebut dapat
dilayani dengan sumber daya yang dimiliki perusahaan.
Ada beberapa Pendekatan pemasaran
yaitu :
- Undifferentiated marketing :
pendekatan yang tidak membeda-bedakan satu segmen dengan yang lain.
- Differentiated marketing :
pendekatan yang memilih segmen yang potensial.
- Concrentted marketing : konsentrasi terhadap satu segmen yang dipilihnya.
Apa itu targeting pasar ?
Targeting pasar itu adalah penentuan pasar sasaran atau proses pemilihan atau menentukan segmen apa mau kita gunakan dari
segmen-segmen yang sudah di pilah-pilah. Ada beberapa penetapan targeting pasar
yaitu:
- Mengevaluasi segmen pasar, ukuran
dan pertumbuhan segmen, daya tarik struktural.
- Memilih segmen pasar, mengidentifikasi
keunggulan bersaing, memilih keunggulan bersaing yang tepat,
mengkomunikasikan dan menyampaikan posisi yang telah dipilih.
- Pertimbangan tambahan dalam
mengevaluasi dan memilih segmen.
Dalam pendekatan segmentasi pasar harus lebih diutamakan melakukan
riset atau penelitian SWOT tetapi
orang yang melakukan riset SWOT itu cenderung tidak berani, tetapi jika
melakukan riset TOWS itu cenderung berani. Mengapa begitu ? Karena kalau riset TOWS itu yang
dilihat terlebih dahulu ancamannya apa yang akan dihadapi jika melakukan
pendekatan itu, tetapi jika TOWS itu yang dilihat terlebih dahulu adalah
kekuatannya, ancaman yang akan dihadapinya itu dilihat belakangan .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar