Sabtu, 09 Maret 2013

Tugas Tambahan 1

Soal no. 2 (kelompok 3)
Jelaskan perbedaan antara Segmentasi dengan Targeting ?
Segmentasi yaitu pemilahan/pemilihan atau upaya memetakan pasar dengan memilah-milahkan konsumen sesuai persamaan di antara mereka. Pemilahan ini bisa berdasarkan usia, tempat tinggal, penghasilan, gaya hidup, atau bagaimana cara mereka mengkonsumsi produk. Langkah pertama adalah segmenatasi pasar, yaitu mengidentifikasi dan membentuk kelompok pembeli yang terpisah-pisah yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran tersendiri. Pokok bahasan dalam segmentasi adalah mengidentifikasi variabel segmentasi atau segmentasi pasar dan mengembangkan bentuk segmen yang menguntungkan. Segmentasi pasar adalah proses membagi pasar keseluruhan suatu produk atau jasa ke dalam beberapa segmen. Dengan melakukan segmentasi pasar, pemasaran akan lebih terarah dan efektif sehingga dapat memberikan kepuasan kepada konsumen.
Segmentasi disebut sebagai mapping strategy, karena di sini kita melakukan pemetaan pasar. Pemetaan ini merupakan proses yang kreatif, karena pasarnya sebenarnya sama, namun cara pandang kita terhadap pasar itulah yang membedakan kita dengan pesaing.

Targeting berarti sasaran yang dituju. Hal ini merujuk pada target market.
Target market dapat dikatakan segmen pasar yang menjadi tujuan pemasaran
. Yang perlu diingat  sebelum memutuskan segmen mana yang menjadi target market, perusahaan mengevaluasi  apakah  segmen tersebut berpotensi atau tidak. Sebelum menentukan sasaran perusahaan  melakukan beberapa survey agar proses pemasaran tidak salah sasaran atau sebagai cara mengalokasikan sumber daya perusahaan secara efektif dengan memilih target market yang tepat. Langkah kedua adalah penentuan pasar sasaran atau targeting, yaitu tindakan memilih satu atau lebih segmen pasar untuk dimasuki atau dilayani. Pokok bahasan dalam penentuan atau targeting pasar sasaran adalah mengevaluasi daya tarik masing-masing segmen dan memilih segmen-segmen sasaran. Dalam hal ini tentu saja serangkaian program pemasaran yang dilakukan harus pas dengan karakteristik pasar sasaran yang hendak kita tuju.
Targeting disebut sebagai fitting strategy, karena kita menyamakan sumber daya perusahaan anda dengan kebutuhan target pasar yang dipilih. Targeting merupakan sebuah proses yang sangat penting karena akan menentukan siapa yang akan membeli produk dari perusahaan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar