Pada
tanggal 25 Februari 2013 pada mata kuliah Manajemen Pemasaran Jasa yang dengan
dosen Pak Amril Muhammad, yang pada pertemuan kali ini di mulai dengan
presentasi kelompok 1 dengan materi Lingkungan Pemasaran yang dijelaskan pula
oleh Pak Amril yaitu sebagai berikut:
Mengapa kita perlu melakukan analisis lingkungan ?
Karena lingkungan merupakan kekuatan dari bagian
pemasaran yang sangat mempengaruhi manajemen pemasaran dalam menjual
produk-produknya dan barang yang di produksi akan dijual
kepada lingkungan atau masyarakat, bukan dikonsumsi pribadi. Dalam manajemen
pemasaran, lingkungan dibagai menjadi dua bagian, yaitu mikro dan makro.
Faktor
yang mempengaruhi lingkungan:
- Faktor lingkungan internal
yaitu lingkungan yang bersumber dari dalam perusahaan itu sendiri.
- Faktor lingkungan eksternal
yaitu yang berasal dari luar perusahaan.
Apa itu Lingkungan Mikro dan Lingkungan Makro ?
1.Lingkungan
Pemasaran Mikro adalah berbagai kekuatan yang dekat dengan perusahaan yang
mempengaruhi kemampuannya untuk melayani pelanggan. Lingkungan mikro ini
terdiri dari:
- Supplier, yang menyediakan
sumber daya (pertimbangan SDM, pertimbangan peralatan, pertimbangan tempat
penyimpanan Contsumer, tuntutan konsumen, daya beli konsumen
- Public, apakah menerima
organisasi perusahaan, apa yang sedang dibutuhkan, penting untuk
diperhatikan karna berdampak pada kemampuan pasar untuk mencapai
tujuannya.
- Company, top Manajer- ketentuan
pimpinan
- Keuangan, untuk mengantisipasi
pasar
- Research and Riset Development,
komitmen manajemen terhadap riset dan pemanfaatan hasilnya
2.
Lingkungan Pemasaran Makro adalah kekuatan masyarakat yang lebih luas yang
mempengaruhi seluruh lingkungan mikro pemasaran perusahaan yang mempunyai
pengaruh tidak langsung terhadap pemasaran. Lingkungan makro ini terdiri dari :
- Demografi, dalam demografi
berkaitan dengan size (ukuran), dencity (kepadatan), location (lokasi),
age (usia), gender (jenis kelamin), occupation (pekerjaan), dan ras
(suku).
- Economic Enviroment (lingkungan
ekonomi), berkaitan dengan daya beli masyarakat, spent of patron (pola
pengeluaran).
- Natural Enviroment, berkaitan
goverment intervention (intervensi pemerintah), natural enviroment juga
disesuaikan agar tidak menghabisi energi yang ada.
- Technology, teknologi sangat
berpengaruh dalam lingkungan pemasaran, serta untuk increase regulation
(meningkatkan penataan) .
- Political goverment, fungsinya
untuk changing goverment (mengubah pemerintahan) seperti: adanya
pergantian menteri, pergantian kabinet dan sebagainya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar