Sabtu, 02 Maret 2013

Manajemen Pemasaran Pertemuan ke-3

Pada tanggal 25 Februari 2013 pada mata kuliah Manajemen Pemasaran Jasa yang dengan dosen Pak Amril Muhammad, yang pada pertemuan kali ini di mulai dengan presentasi kelompok 1 dengan materi Lingkungan Pemasaran yang dijelaskan pula oleh Pak Amril yaitu sebagai berikut:
Mengapa kita perlu melakukan analisis lingkungan ?
Karena lingkungan merupakan kekuatan dari bagian pemasaran yang sangat mempengaruhi manajemen pemasaran dalam menjual produk-produknya dan barang yang di produksi akan dijual kepada lingkungan atau masyarakat, bukan dikonsumsi pribadi. Dalam manajemen pemasaran, lingkungan dibagai menjadi dua bagian, yaitu mikro dan makro.
Faktor yang mempengaruhi lingkungan:
  1. Faktor lingkungan internal yaitu lingkungan yang bersumber dari dalam perusahaan itu sendiri. 
  2. Faktor lingkungan eksternal yaitu yang berasal dari luar perusahaan. 
Apa itu Lingkungan Mikro dan Lingkungan Makro ?
1.Lingkungan Pemasaran Mikro adalah berbagai kekuatan yang dekat dengan perusahaan yang mempengaruhi kemampuannya untuk melayani pelanggan. Lingkungan mikro ini terdiri dari:
  • Supplier, yang menyediakan sumber daya (pertimbangan SDM, pertimbangan peralatan, pertimbangan tempat penyimpanan Contsumer, tuntutan konsumen, daya beli konsumen 
  • Public, apakah menerima organisasi perusahaan, apa yang sedang dibutuhkan, penting untuk diperhatikan karna berdampak pada kemampuan pasar untuk mencapai tujuannya. 
  • Company, top Manajer- ketentuan pimpinan 
  • Keuangan, untuk mengantisipasi pasar 
  • Research and Riset Development, komitmen manajemen terhadap riset dan pemanfaatan hasilnya 
2. Lingkungan Pemasaran Makro adalah kekuatan masyarakat yang lebih luas yang mempengaruhi seluruh lingkungan mikro pemasaran perusahaan yang mempunyai pengaruh tidak langsung terhadap pemasaran. Lingkungan makro ini terdiri dari :
  • Demografi, dalam demografi berkaitan dengan size (ukuran), dencity (kepadatan), location (lokasi), age (usia), gender (jenis kelamin), occupation (pekerjaan), dan ras (suku). 
  • Economic Enviroment (lingkungan ekonomi), berkaitan dengan daya beli masyarakat, spent of patron (pola pengeluaran). 
  • Natural Enviroment, berkaitan goverment intervention (intervensi pemerintah), natural enviroment juga disesuaikan agar tidak menghabisi energi yang ada. 
  • Technology, teknologi sangat berpengaruh dalam lingkungan pemasaran, serta untuk increase regulation (meningkatkan penataan) . 
  • Political goverment, fungsinya untuk changing goverment (mengubah pemerintahan) seperti: adanya pergantian menteri, pergantian kabinet dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar