Sabtu, 30 Maret 2013

Manajemen Pemasaran Pertemuan ke-6 Bauran Pemasaran Jasa Pendidikan

Hari Senin tanggal 25 Maret 2013 pada Pertemuan ke-6 kali ini membahas tentang Bauran Pemasaran Jasa Pendidikan, yang pada pertemuan kali ini Dr. Amril Muhammad, S.E, M.Pd tidak dapat hadir, serta menjelaskan lebih jelas tentang Bauran Pemasaran. Sistem presentasi kali ini sama seperti presentasi minggu lalu yang membuat kelompok-kelompok kecil dan kali ini bagian kelompok 4 yang menjelaskannya. Dalam subkelompok tersebut menyajikan tentang Bauran Pemasaran Jasa Penddikan tersebut .
Apa itu Bauran Pemasaran? Bauran pemasaran atau yang disebut marketing mix merupakan alat bagi pemasar yang terdiri atas berbagai unsur suatu program pemasaran yang perlu dipertimbangkan agar implementasi strategi pemasaran dan positioning yang ditetapkan dapat berjalan dengan baik atau sukses.  
Dalam bauran pemasaran mempunyai 7 unsur pemasaran jasa yaitu :  produk, penentuan harga, tempat, promosi, orang, proses, dan layanan konsumen.
1.      Produk, produk disini merupakan keseluruhan obyek atau proses yang memberikan sejumlah nilai kepada konsumen.
2.      Penentuan harga, penentuan harga ini sendiri mempengaruhi citra produk serta keputusan konsumen untuk membeli. Dalam penentuan harga ini juga dipengaruhi oleh 3 hal yaitu tujuan, faktor-faktor, dan metode penentuan harga.
Terdapat lima tujuan penentuan harga, yaitu
-          Bertahan,
-          Memaksimalkan laba,
-          Memaksimalkan penjualan,
-          Mempengaruhi gengsi atau prestis,
-          Pengembalian atas investasi.
Faktor-faktor yang berpengaruh dalam penentuan harga yaitu
-          Positioning jasa,
-          Sasaran perusahaan,
-          Tingkat persaingan,
-          Siklus hidup jasa,
-          Elastisitas permintaan,
-          Struktur biaya,
-          Sumber daya yang digunakan,
-          Kondisi ekonomi secara umum,
-          Kapasitas jasanya.
Metode penentuan harga terdiri dari
-          Penentuan harga biaya-plus,
-          Penentuan harga tingkat pengembalian,
-          Penentuan paritas persaingan,
-          Penentuan harga-rugi,
-          Penentuan berdasarkan nilai,
-          Penentuan harga relasional.
3.      Tempat, tempat dalam jasa merupakan gabungan antara lokasi yaitu dimana suatu perusahaan bermarkas atau berdiri dan saluran distribusi.
4.  Promosi, promosi terdiri atas enam yaitu iklan, penjualan perorangan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, informasi dari mulut ke mulut, dan surat pemberitahuan langsung.
5.      Orang, orang disini berfungsi sebagai penyedia jasa yang sangat mempengaruhi kualitas jasa yang diberikan.
 Ada empat kriteria pengaruh dari aspek orang yang mempengaruhi konsumen, yaitu
-      Contactors merupakan orang yang langsung berinteraksi dengan konsumen dan mempengaruhi keputusan konsumen,
-  Modifiers, merupakan orang yang berinteraksi langsung dengan konsumen tetapi tidak mempengaruhi keputusan konsumen,
-       Influencers, merupakan orang yang tidak berinteraksi langsung tetapi mempengaruhi keputusan konsumen,
-       Isolates, merupakan orang yang tidak berinteraksi langsung dan tidak mempengaruhi keputusan konsumen.
6.  Proses, proses merupakan gabungan semua aktifitas. Proses umumnya terdiri atas  prosedur, jadwal pekerjaan, mekanisme, aktifitas, dan hal-hal rutin, dimana jasa dihasilkan dan disampaikan kepada konsumen.
7.    Layanan Konsumen, layanan konsumen ini meliputi aktivitas untuk memberikan kegunaan waktu dan tempat termasuk juga pelayanan pratransaksi, saat transaksi, dan paska transaksi.

Kemudian pembahasan tentang penerapan bauran pemasaran pada jasa Perguruan Tinggi. Ada beberapa hal yang harus dilakukan yaitu Perancangan program pendidikan, strategi produk jasa perguruan tinggi, strategi penentuan harga, menganalisis strategi promosi dan komunikasi perguruan tinggi, dan strategi sumber daya manusia dan pengelolaan perguruan tinggi.
Sekian Report tentang Bauran Pemasaran Jasa Pendidikan, semoga bermanfaat bagi seorang pembaca. 

2 komentar:

  1. Artikelnya Baguss....
    Pada dasarnya bauran pemasaran adalah dasar dari perusahaan dalam menentukan strategi lanjtan pemasaran dalam rangka memenangkan pasar. Dengan adanya konsep bauran pemasaran ini perusahaan memiliki arah yang jelas dalam pencapaian target pemasarannya.
    Sekedar ingin berbagi, barangkali bisa sedikit menambah referensi mengenai aplikasi konsep bauran pemasaran
    Klik --> Makalah Aplikasi Bauran Pemasaran Pada Bank BNI

    BalasHapus
  2. bagus artikelnya..
    klo boleh tau, referensi penulisnya siapa? dari buku apa?
    cz buat tambah2 referensi penyusunan thesis saya
    thx b4

    BalasHapus